oleh

Video Petani di Banyuwangi Membuang Buah Naga disungai Gegara Harga Anjlok

-Berita, daerah-218 views

Petani buah naga di Banyuwangi, lakukan tindakan memprotes dengan buang hasil panennya ke sungai. Hal tersebut dilakukan sebab harga buah naga yang alami penurunan drastis. buah naga yang harga nya anjlok sampai Rp 1.500 per kilogramnya, bahkan jadikan pakan ternak sapi di Banyuwangi. Ini dilakukan untuk hindari tanaman buah naga yang rusak dan menghalangi perkembangan buah selanjutnya.

Dadang mengharap anjloknya harga buah naga segera selesai. Sebab keadaan ini memukul perekonomian keluarganya yang nota bene petani buah naga.
“Harga nya hanya satu ribu. Ya kami berharap dapat naik kembali sampai Rp 5 rihu sampai Rp 7 ribu konstan seperti dahulu,” ujarnya.

Selain itu, Fauzi petani buah naga mengakui tidak dapat banyak berbuat dengan keadaan anjloknya buah naga ini. Sekarang ini, pengepul buah naga tak akan ambil panen buah naga di wilayahnya. Dengan sangat terpaksa, dirinya memanen buah naga akan tetapi dibuang di kali deket kebun.

Kita buang di selokan/sungai kebun agar jadi pupuk kembali. Beberapa pun kita bawa serta buat pakan sapi di dalam rumah. Jika umumnya ya kita buang di sungai,” tegasnya.
Menurut Fauzi, keadaan panen raya uji seperti buah simalakama. Bila tidak dipanen, tanaman buah naganya akan rusak. Sesaat harga jual buah naga cuma sekitar Rp 1.500 sampai Rp 2.000 rupiah.
“Harus kita panen. Sebab bila akan tidak mengakibatkan kerusakan tanaman buah naga,” ujarnya.

Komentar

News Feed