Perayaan Ulang Tahun Kopassus Prabowo Subianto Tak Hadir

Satuan pasukan elite Indonesia Komando Pasukan Khusus (Kopassus) hari ini, Sabtu, 16 April 2016, genap berusia 64 tahun. Perayaan hari jadi korps baret merah dilakukan di Markas Kopassus, Cijantung.
Perayaan Ulang Tahun Kopassus
Perayaan Ulang Tahun Kopassus 
Namun salah satu mantan Komandan Kopassus, Prabowo Subianto, kemungkinan tidak hadir. "Pak Prabowo saat kami undang dia bilang tanggal 16 sedang di luar negeri," kata Kepala Penerangan Kopassus Letnan Kolonel Infanteri Joko Tri Hadimantoyo di Cijantung hari ini.

Joko menuturkan, dalam perayaan kali ini, Kopassus mengundang seribu orang. Tampak di antara para hadirin Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Luhut Pandjaitan; Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu; Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Komisaris Jenderal Tito Karnavian; dan mantan Panglima TNI Moeldoko.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, perayaan kali ini akan diramaikan dengan demonstrasi kemampuan bela diri Yong Moodo, taekwondo, dan Merpati Putih. Rangkaian acara diakhiri dengan atraksi terjun payung.

Prajurit Kopassus kali ini mendapat hadiah berupa Wind Tunnel Pusdiklatpassus yang akan diresmikan hari ini. Wind Tunnel ini menjadi sarana penunjang fasilitas pendidikan prajurit dalam hal terjun payung.

Dua prajurit terbaik Kopassus juga akan mendapat hadiah kali ini. Panglima Tentara Nasional Indonesia Jenderal Gatot Nurmantyo akan memberikan potongan tumpeng kepada Sersan Kepala Zulkarnain yang berhasil merangkul tokoh separatis gerakan bersenjata Papua dan Sersan Satu Dessy yang menjuarai pelbagai kejuaraan terjun payung.