Fadli Zon Mengatakan Rumor Presiden Joko Widodo Melindungi Ahok

Wakil Ketua DPR Fadli Zon
Wakil Ketua DPR Fadli Zon
Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengatakan, saat ini beredar rumor bahwa Presiden Joko Widodo melindungi Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dalam kasus pembelian lahan milik Rumah Sakit Sumber Waras.

Fadli meminta agar Presiden Jokowi segera memberikan klarifikasi akan munculnya rumor tersebut.

"Ada rumor mengatakan, Presiden melindungi Ahok, itu beredar di kalangan politisi," ujar Fadli saat menjadi pembicara dalam diskusi "Polemik" di Cikini, Jakarta, Sabtu (16/4/2016).

Menurut Fadli, klarifikasi dari Presiden diperlukan karena rumor tersebut dinilainya berisiko menimbulkan keraguan publik terhadap Presiden.

Selain itu, kata dia, kasus Sumber Waras juga dinilai telah menjadi perhatian publik sehingga dibutuhkan penjelasan untuk mengubah cara pandang publik.

"Saya yakin Presiden tidak seperti itu, tetapi katanya kasus ini tertahan karena Jokowi lindungi Ahok. Ini kasus besar, bukan ecek-ecek," kata Fadli.

Hingga saat ini, laporan terkait adanya kerugian negara dalam pembelian lahan milik RS Sumber Waras masih dalam tahap penyelidikan di KPK.

Terdapat beberapa hal yang membuat KPK belum juga menetapkan tersangka.
Salah satunya, KPK belum menemukan adanya indikasi korupsi dan niat jahat penyelenggara negara dalam pembelian lahan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tersebut.

Terkait penyelidikan pembelian lahan RS Sumber Waras, KPK telah meminta keterangan sejumlah pihak, termasuk Ahok.

Sumber