Manfaat dan Kandungan Nutrisi Buah TIN Untuk Tubuh yang Perlu Anda Ketahui

Manfaat Buah Tin Bagi Kesehatan yang Harus Anda Ketahui
Manfaat Buah Tin Bagi Kesehatan yang Harus Anda Ketahui
Garuda News – Buah tin merupakan buah yang akan kaya akan gizi dan manfaat nya karena mengandung molekul gula, vitamin serta mineral. Buah tin sering dijadikan bahan untuk digunakan produksi susu, sedangkan bagi orang timur tengah Arab saudi , mereka sering memanfaatkan daun untuk direbus karena manfaat daun tin sebagai obat untuk mengatasi nyeri menstruasi atau haid. Khasiat buah tin ini dihasilkan dari kandungan nutrisinya. Sejumlah nutrisi seperti protein, mineral, vitamin, zat besi dan kalsium ada di dalam buah tin.

Buah tin juga memiliki kandungan Nutrisi. Buah tin mempunyai dua jenis yaitu buah tin kering dan basah, yang membedakan keduanya yakni pada kandungan kalorinya. Buah tin kering mengandung lebih banyak kalori daripada buah tin basah. Seorang profesor dari Amerika Serikat mengatakan bahwa buah tin tidak mengandung kolesterol dan lemak.

Buah tin mengandung serat, kalium dan zat besi yang tinggi. Dalam 10 gram buah tin terdapat lebih dari 20 % serat, berjenis serat larut. Serat larut dapat menjaga kadar gula dalam darah serta mengurangi kadar kolesterol. Sedangkan serat tidak larut dapat mencegah kanker pada usus besar. Serat yang terkandung dalam buah tin juga bermanfaat untuk menyuburkan sistem reproduksi baik pria maupun wanita.

Mengenal Ciri-ciri tanaman buah tin. tanaman ini hampir sama daun nya dengan tanaman jarak kendolo Buah tin memiliki ukuran 3-5 cm dan berwarna hijau. Beberapa jenis buah tin lain berwarna merah keunguan jiak sudah masak. Berhati-hati lah jika hendak mengambil buah tin karena getah nya bisa membuat kulit menjadi iritasi. Buah tin memiliki rasa dan aroma harum yang mirip dengan buah jambu. Buah tin bertekstur kasat, empuk dan manis. Buah tin memiliki kandungan air yang tidak terlalu banyak dan memiliki banyak biji didalamnya.

Di Indonesia sendiri sudah banyak sekali yang mengembangkan buah tin ini mengingatmanfaat buah tin sangatlah beragam yang berguna bagi kesehatan tubuh.

Oleh karena itu buah tin sangat bermanfaat bagi kesehatan dan mempunyai kandungan nutrisi yang baik. Beberapa manfaat buah tin yang perlu untuk anda ketahui

  1. Mengobati wasir, hal itu dikarenakan buah ini berfungsi melancarkan (buang air besar) dan menahannya.
  2. Mengobati encok – meresapnya asam garam (urat) dalam persendian bisa dibuktikan dengan penjelasan berikut.Encok disebabkan oleh berlebihan makan daging merah yang menyebabkan kerusakan asam amino, yaitu asam sel somatic. Buah tin memiliki kaitan dengan enzim yang khusus mengubah trimethyl menjadi asam folat. Enzim yang biasanya bekerja dalam satu sisi saja maka ia bekerja dalam dua sisi sehingga seimbang. Oleh karena itu, obat-obatan dari luar melemahkan enzim, tetapi buah tin bisa menormalkan kinerja enzim.
  3. Buah tin kering terkaya akan serat, tembaga, mangan, magnesium, kalium, kalsium, dan vitamin K, relatif diperlukan terhadap kebutuhan tubuh manusia.  
  4. Buah tin karena kaya kandungannya akan serat, maka mampu mengurangi berat badan. Oleh karena itu Buah tin sangat sesuai mengatasi masalah berat badan.
  5. Buah tin juga kaya dengan vitamin A dan B serta kadar tertentu dari vitamin C. Dan mengandung garam pokok seperti: Kalsium, fosfor, zat besi yang membangun pertumbuhan badan dan pembangkit tekanan darah.
  6. Kandungan-kandungan buah tin seperti serat, kalium, dan magnesium dapat mengurangi serangan angin dan mampu mengontrol tekanan darah tinggi.
  7. Dalam sebuah studi, 40 gram bagian buah tin kering (dua ukuran medium tin) menghasilkan peningkatan yang signifikan dalam kapasitas antioksidan plasma dalam darah. 
  8. Anti Bakteri, virus dan jamur – Buah tin mampu membunuh bakteri pengganggu kesehatan. Kandungan buahnya dapat membunuh mikroorganisme yang bisa menyebabkan virus dan jamur.
  9. Diet – Cocok untuk orang-orang yang sedang melakukan program penurunan berat badan. Menambahkan manfaat apel dan buah tin, dapat menjadi cemilan enak saat diet.
  10. Pembentukan sel darah merah – Memicu pembetukan sel darah merah (hemoglobin) sehingga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi bagi penderita anemia. Selain itu, peningkatan darah merah juga mengoptimalkan daya ingat serta mengurangi kelelahan.
  11. Sistem Pencernaan – Tidak hanya manfaat buah pepaya yang mampu memperlancar pencernaan, namun buah tin juga dapat mengatasi sembelit atau susah buang air besar
  12. Resiko penyakit jantung – Kandungan omega 3 dan kalium, mencegah terjadinya jantung koroner. Zat kalium ini juga banyak terdapat pada manfaat pisang dan manfaat mangga.
  13. Kalsium – Kandungan kalsiumnya sama seperti manfaat susu yang akan mempercepat pertumbuhan gigi dan tulang. Selain itu, kandungan kalsium dalam buah tin bermanfaat untuk mencegah keropos tulang.
  14. Asam Urat – Memperkuat tulang dan sendi sehingga cocok dikonsumsi bagi penderita asam urat.
  15. Asma – Membantu pernapasan bagi penderita asma
  16. Tekanan darah – Menjaga tekanan darah tetap stabil, sehingga menghindari resiko darah tinggi.
  17. Kanker Prostat – Dapat mengurangi resiko kanker prostat karena mengandung coumarin.
  18. Pengganti Susu – Buah tin mengandung kalsium yang tinggi sehingga bisa digunakan sebagai pengganti susu bagi penderita alergi produk susu. Hal ini sama seperti manfaat susu kedelai yang dikonsumsi sebagai pengganti susu sapi.
  19. Membantu tidur – Buah tin dapat membuat tidur lebih nyenyak dan menghindarkan insomnia karena kandungan trytophan. Seperti yang terdapat pada manfaat coklat.
  20. Kolesterol – Dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah karena mengandung pektin. Zat ini dapat menurunkan lemak yang terkandung dalam karena mengandung trigliserida.
Semoga Bermanfaat dengan artikel manfaat dan kandungan nutrisi buah tin, Untuk anda yang ingin tanam cara budidaya buah tin atau cara mencangkok dan stek tanaman tin tunggu artikel selanjutnya akan saya update artikel nya tentunya dari sumber yang terpercaya