Manfaat Hewan Undur Undur Bagi Kesehatan

Garuda News – Saat ini pengobatan alternatif sedang digandrungi sebagian Orang beralih kepada obat-obatan yang berasal dari alam, seperti minum rebusan akar pohon, daun-daunan atau makan buah-buahan tertentu yang diyakini memiliki khasiat menyembuhkan. Mengonsumsi hewan tertentu juga diyakini bisa menyembuhkan, serangga undur-undur ini juga kini menjadi alternatif pengobatan tradisional. selain tripang emas, undur-undur juga bisa digunakan sebagai obat alternatif mengatasi diabetes. Binatang kecil biasa dijumpai di sekitar rumah berhalaman pasir itu ampuh menurunkan gula darah. Seperti halnya mengonsumsi air rebusan cacing yang dipercaya dapat menyembuhkan penyakit tipes atau memakan empedu kelelawar sebagai obat penyakit asma. Undur-undur ternyata berkhasiat menyembuhkan darah tinggi, stroke dan diabetes.
Manfaat Hewan Undur Undur Bagi Kesehatan
Manfaat Hewan Undur Undur Bagi Kesehatan
1. Dapat Mengobati Diabetes
Cina adalah negara yang terkenal dengan berbagai resep obat herbal. Dan salah satunya adalah undur-undur, hewan kecil ini digunakan sebagai obat diabetes. Seperti yang telah kita ketahui diabetes adalah penyakit yang disebabkan karena insulin yang dihasilkan oleh pankreas tidak mencukupi untuk menyeimbangkan kadar gula yang masuk kedalam tubuh seseorang, dan dapat berakibat akan terjadi kalebihan kadar gula didalam tubuh. Dan kelebihan darah pada tubuh tersebut dapat masuk kedalam darah. Istilah tersebut sering kita dengar dengan sebutan kelebihan kadar gula darah atau diabetes.

2. Melancarkan Kerja Pankreas
Universitas gajah mada jogjakarta telah melakukan penelitian denga tema “kajian undur-undur darat ”undur- undur memiliki kandungan sejenis zat “sulfonyiurea” , zat inilah yang berfungsi dominan yang bekerja melancarkan kinerja pankreas dalam memproduksi insulin.

Berdasarkan penelitian diketuai Tyas Kurniasih dari Universitas Gadjah Mada Jogjakarta berjudul Kajian Potensi Undur-Undur Darat (Myrmeleon sp) 2006, binatang ini mengandung zat sulfonylurea. Kerja sulfonylurea pada undur-undur adalah melancarkan kerja pankreas dalam memproduksi insulin. Karena, ketika insulin dalam tubuh manusia menurun sementara kadar glukosa darah meningkat, maka terjadi ketidak seimbangan. Di mana insulin sebagai penghasil energi tubuh terus berkurang. Akibatnya, tubuh mudah terserang penyakit

Seperti pada umumnya mengkonsumsi obat herbal maupun obat lainnya harus sesuai dengan resep yang telah diberikan. Begitu juga dengan mengkonsumsi undur-undur, mengkonsumsi undur-undur sesuai resep akan memberikan efek positif  bagi kesehatan, namun jika anda kelebihan mengkonsumsi undur-undur akan menimbulkan rasa panas dibadan anda.