Lima Makanan yang Bisa Sebabkan Anak Sembelit

Garuda News  Sembelit atau konstipasi yaitu masalah pencernaan yang bikin Anda jadi kesusahan untuk lakukan buang air besar. Sembelit bisa menyerang siapapun, termasuk juga anak-anak. Sembelit ditandai dengan tinja yang lebih keras, kering, serta berupa butiran kecil-kecil ; ada darah pada tinja ; anak tampak mengerang kesakitan serta rewel dan ada cairan yang keluar diantara tinja serta rektum.
Hindari lima makanan Sebabkan Anak Sembelit
Makanan yang Bisa Sebabkan Anak Sembelit
Salah satu pemicu terjadinya sembelit pada anak balita yaitu makanan. Biasanya, anak balita cuma ingin konsumsi makanan yang itu-itu saja serta sedikit hingga mereka rawan sembelit.
Nah, untuk menghindar sembelit pada anak balita yang makin kronis lantaran mereka sering menahan buang air besar (BAB), sebaiknya membatasi makanan yang mereka mengkonsumsi. Diluar itu, kenali juga makanan penyebab sembelit pada anak balita, sebagai berikut ini :

1. Yoghurt : Yoghurt dapat menyebabkan sembelit pada anak balita seperti halnya susu. Saat mereka sembelit, sebaiknya untuk sementara jauhkan mereka dari yoghurt. Jika keadaan mulai membaik, baru perbolehkan mereka mengonsumsi yoghurt, tetapi sedikit demi sedikit.

2. Susu : Susu adalah minuman yang disukai anak balita. Kandungan nutrisinya sangat baik. Namun, susu merupakan salah satu penyebab sembelit pada anak balita. Dalam hal ini, yang dibutuhkan adalah susu rendah serat untuk merangsang aktivitas usus sehingga proses pembuangan menjadi lancar. Sementara itu, anak yang alergi protein susu biasanya akan mengalami kesulitan BAB.

3. Nasi puti : Nasi putih memang bermanfaat untuk menambah energi. Namun jika nasi putih dikonsumsi terlalu banyak, maka si kecil bisa sembelit. Ini karena nasi putih memiliki kandungan serat yang sedikit. Nasi merah adalah alternatif sumber karbohidrat yang kaya serat sehingga dapat mencegah sembelit.

4. Pisang : Pisang termasuk dalam pola makan BRAT (banana, rice, apple, toast) yang direkomendasikan untuk mengatasi diare pada anak dan orang dewasa. Pisang akan membuat tinja lebih keras sehingga dapat memicu terjadinya sembelit.

5. Keju : Seperti halnya susu dan yoghurt, keju yang juga merupakan produk olahan susu juga dapat menjadi pemicu sembelit pada anak balita, terutama jika anak lebih banyak makan keju ketimbang sayur dan buah.