Manfaat Mengisap Darah Saat Jari yang Terluka

Garuda News – Apa reaksi Anda disaat jari Anda mendadak berdarah lantaran tanpa sengajat teriris? Anda mungkin akan dengan reflek memasukkannya ke mulut serta mengisap darahnya. Kenapa kita menjilat darah di jari yang terluka? Amankah aksi ini? Serta, efektifkah cara tersebut untuk hentikan pendarahannya?
Manfaat Mengisap Darah Saat Jari yang Terluka
Mengisap Darah Saat Jari yang Terluka
Nyatanya, mengisap darah di jari yang terluka memanglah ada manfaatnya. Menurut beberapa peneliti dari Belanda, seperti yang mereka laporkan di jurnal The FASEB, ada satu senyawa di air liur manusia yang sanggup mempercepat pengobatan luka.  Peneliti mengalami bahwa histatin (protein di air liur) di yakini sanggup membunuh bakteri serta jadi pemicu pengobatan luka itu. Tetapi lantaran liur sebagai cairan kompleks dengan adanya banyak komponen, mesti di ketahui komponen mana yang bertindak mengobati luka.

Peneliti memanfaatkan bermacam tehnik utk memisahkan liur jadi komponen-komponen dengan cara perorangan, lantas mengujinya pada sebagian luka. Pada akhirnya diketemukan bahwa histatin lah yang bertindak mengobati luka itu.

" Studi ini dapat menuturkan kenapa luka di mulut, seperti pada ekstraksi gigi, dapat pulih lebih cepat dari pada luka pada kulit atau tulang, " ungkap Gerald Weissmann, MD, pemimpin redaksi The FASEB Journal.

Pendapat lain di sampaikan oleh Dr. Nigel Benjamin, spesialis farmakologi klinis di St. Bartholomew's Hospital serta The London School of Medicine and Dentistry. Dalam pengamatan terpisah, Benjamin menyampaikan bahwa disaat air liur perihal kulit, nitrat (komponen alami dari liur) memecah jadi nitrat oksida, senyawa kimia yang efisien dalam buat perlindungan luka teriris dari bakteri.
Nitrat oksida dapat dipakai juga sebagai penyembuhan utk menyumbat infeksi dalam perawatan luka maupun pada keadaan kulit yang lain.

Dalam pengamatan lain juga dijelaskan bahwa air liur memiliki kandungan antibakteri alami yang lain, yakni lactoferrin serta lactoperoxidase. Berbarengan nitrat oksida, antibiotik alami ini sanggup menghambat perubahan infeksi.

Meskipun demikian, aksi mengisap darah pada jari yang terluka semestinya cuma dilihat juga sebagai pertolongan pertama saja. Demikian pendarahan berhenti, Anda terus mesti mengusahakan menghindar supaya luka itu tak jadi infeksi. Tidak ada kelirunya menjilat darah pada jari yang teriris untuk meredakan perih atau menyingkirkan darahnya.

sumber : kompas health
editor   : tic-tac