Gigitan Capung Dapat Menghentikan Kebiasaan Anak Ngompol

Garuda News – Nocturnal Enuresis atau Mengompol adalah arti untuk seorang yang mengalami buang air kecil tanpa disadarinya ketika waktu mereka tengah tertidur, terlebih saat malam hari. Mengompol masih tetap dianggap normal jika berlangsung pada bayi atau anak umur balita. Menurut riset, tanda-tanda ngompol berlangsung pada tiap-tiap 1 dari 3 anak berumur 5 tahun dengan jumlah paling banyak yaitu berlangsung pada anak laki-laki.
cara mengatasi anak yang masih suka mengompol
cara mengatasi anak yang masih suka mengompol
Mengompol masih dianggap wajar apabila alami oleh anak-anak umur pra sekolah basic yakni pada anak umur 6 hingga 7 tahun, di mana menurut riset ini, 10 % dari jumlah anak-anak umur itu masih tetap belum bisa terlepas dari rutinitas ngompol. Yang jadi persoalan yaitu bila umur anak telah di atas 7 tahun., tetapi anak masih tetap sukai ngompol, sudah pasti hal semacam ini dapat merepotkan serta bikin rasa kurang percaya diri atau tak percayadiri pada anak.

Ada Beberapa penyebab uatama kenapa anak masih mengompol adalah karena terlalu banyak minum sebelum tidur, dan faktor lainnya seperti :
1. Faktor keturunan dan psikologis
2. Faktor Hormon Vasopressin dan Produksi air kemih
3. Tidur terlalu nyenyak dan memiliki kandung kemih yang lebih kecil
4. Mengalami keterlambatan proses pematangan sistem saraf

Lalu bagaiman cara mengatasi anak yang masih suka mengompol? ada solusi terapi yang sangat sederhana yang sudah menjadi kepercayaan masyarakat terutama pada ibu-ibu yang meyakini bahwa gigitan pada seekor capung dapat menghentikan kebiasaan anak ngompol, dengan cara melakukanya yaitu cari seekor campung yang jenis apa saja kemudian letakan posisi capung pada puser anak hingga sampe capung menggit secukupnya, pada gigitan capung tidak akan melukai anak. lakukan beberapa kali jika anak masih mengalami ngompol.

hal ini sudah saya praktekan pada ponakan saya yang berusia 3 setengan tahun dan alhamdulilah setiap bangun pagi sudah jarang lagi ngompol.