Polisi Kebingungan Mengusut Kasus Kutang Wewe Gombel

Penemuan Kutang Wewe
Penemuan Kutang Wewe
Garuda News – Penemuan 18 kutang di jemuran belakang rumah warga warga Jiwo Kulon, Trotok, laten bernama Yanti (43) menggegerkan warga setempat pada akhir 2014 lalu. Pasalnya, santer beredar kabar, ke-18 kutang misterius ukuran jumbo itu milik penghuni tempat itu. Banyak warga yang mengaku pernah melihat perempuan tua, berkuku panjang dan berambut panjang di tempat itu. Mitosnya tempat itu adalah kerajaan lelembut,

Sebelum kejadian teesebut, pernah pula terjadi sekali dengan jumlah 17 di tempat itu tahun 2012. Munculnya kutang itu, imbuh Eko, tak ada orang mengetahuinya. Tiba-tiba saja, kutang sudah berada di jemuran. Warga mempercayai, kutang itu merupakan milik kuntilanak penghuni tempat itu.

AKP Suginoto, Kapolsek Wedi, mengaku telah mengamankan kutang-kutang misterius itu, pihaknya menghimbau warga agar tidak membesar-besarkan kejadian tersebut yang bisa saja membuat kepanikan massal warga desa.

Namun sampai sekarang oleh pihak kepolisian, kasusnya tidak terusut lagi. Dimaklumi warga karena mengkin polisi tidak bisa menangani kasus ini, karena buka pekerjaannya sebagai seorang supranatural atau ahli spiritual. "Toh selain sempat merasa takut,  sejauh ini tidak ada warga yang merasa dirugikan dengan kejadian ini" kata salah satu warga.

Mitos Wewe Gombel

Mitos Wewe Gombel
Mitos Wewe Gombel
Konon katanya, Wewe Gombel berasal dari sebuah bukit di kawasan Gombel, Semarang. Jaman dahulu, banyak orang mninggal di bukit itu karena pembantaian pada masa penjajahan Belanda. Sampai sekarang, mitos tentang setan Wewe Gombel ini masih ada di Indonesia dan masih diceritakan oleh masyarakat.

Menurut cerita, mitos Wewe Gombel diyakini memiliki tujuan untuk membuat takut anak anak supaya mereka tidak bermain diluar rumah waktu malam hari. Karena pada masa lalu, keadaan gelap gulita amat berbahaya karena hewan buas mungkin memasuki kawasan perkampungan dalam kegelapan malam.

Oleh sebab itu, Wewe Gombel diciptakan untuk menyelamatkan mereka dari ancaman tersebut. Wewe Gombel seringkali digambarkan dengan sosok wanita tua keriput berbadan gandut dengan payudara yang terlihat panjang dan menggantung juga dengan rambut yang berantakan.

Intinya biasanya untuk mencegah hal hal burut terjadi pada masa lalu, misalnya, anak-anak yang seharusnya belajar di malam hari atau berkumpul bersama keluarga tapi malah bermain di luar rumah dan tanpa pengawasan orang.

Cerita tentang adanya Hantu Wewe Gombel secara bertaham sejak jaman dulu menyebar ke berbagai individu yang sebagaian dari para individu itu mungkin juga secara sepihak mengarang carita tambahan tentang sosok Wewe Gombel, kemudian menjamur ke segala arah dan didengar oleh semua masyarakat.