10 Band Rock Jepang Terbaik Sepanjang Masa

Garuda News – Band rock Jepang menjadi salah sorotan band J-Pop di musik rock internasional. Aliran mereka digemari berbagai kalangan, vukan cuma di benuanya saja, namun juga di negara Eropa dan Amerika Serikat. Banyak band yang sudah menandatangani kontrak eksklusif dengan label produksi skala internasional dan single album mereka dapat laris dibeli jutaan keping di seluruh dunia.

Sekarang, manakah band rock Jepang yang mendapat predikat terbaik sepanjang dekade ini? Mari kita simak 10 band rock jepang terbaik. Berikut ini adalah daftar band yang terbaik dari kualitas karya mereka. Dari segi karakter, nada dan lirik yang mampu merasuk jiwa. Silahkan disimak 10 Band Rock terbaik ini versi Garuda news.

10 Band Rock Jepang Terbaik

10. No Regret Life
Band jepang terbaik No regret life
No regret life
No Regret Life adalah Band beraliran rock yang didirikan pada tahun 2001 di Kanoya, Kagoshima, Jepang, oleh Kazusō Oda, Ryuta Hashiguchi, dan Shimokariya Yuka (digantikan oleh Genta Matsumura). Mereka merilis album pertamanya  "Tomorrow is the Another Day" pada November 2002. No Regret Life ini mungkin dianggap terlalu sederhana. Tampilan mereka memang biasa dan "normal", musiknya yang hampir pure post-grunge rock pun bukanlah jenis musik terlaku di negeri sana. Mungkin segenap generasi penggemar anime tahun 2000 hingga 2010 mengenal band 3 orang ini saat single mereka "Nakushita Kotoba" digunakan sebagai lagu penutup kesekian dari anime ternama Naruto, dan lagu tersebut salah satu lagu terbaik yang pernah muncul di anime itu

9. UVERworld
Band jepang terbaik UVERworld
UVERworld
UVERworld berdiri sejak tahun 2003 dan sekarang beranggotakan lima orang personel. UVERworld telah menciptakan lebih dari dua puluh singel, dan seluruh penjualannya menembus angka lebih dari dua juta kopi di berbagai belahan dunia. fans UVERworld menganggap grup band yang digemarinya itu mampu menyajikan lagu rock yang keras namun tetap easy listening.

UVERworld yang diketuai oleh Shimizu Takuya yang berkedudukan vokalis. Takuya juga sering melakukan rapping disamping menjadi vokalis dan menjadi perancang lagu-lagu band UVERworld. Power vokal Takuya inilah juga dianggap menjadi ciri khas dari band Rock jepang ini.

8. Versailles
Ban jepang terbaik Versailles
Versailles
Versailles merupakan band visual kei Jepang yang Band ini didirikan pada tahun 2007 ini mempunyai banyak fans di penjuru dunia. Walaupun resmi dibubarkan pada tahun 2012. Banyak pengamat meyakini bahwa grup band ini memiliki gaya yang tidak mainstream dengan kebanyakan grup musik rock Jepang. Band ini memciptakan berbagai lagu-lagu yang lebih dari kreatif, baik dari segi musikalisasi hingga persembahan video klipnya. Lagu Versailles sampai sekarang masih sering terdengar di berbagai konser, dinyanyikan oleh band-band lain yang mencintai musik Versailles.

7. Girugamesh
band jepang terbaik Girugamesh
Girugamesh
Girugamesh Dibentuk pada tahun 2003. Kelompok yang membawa aliran Nu Metal ini menyajikan berbagai lagu bernuansa keras. Seakrang, Girugamesh memiliki anggota empat orang personil dan memiliki fans dari berbagai belahan dunia. Band ini diketuai oleh Shu yang berkedudukan sebagai bassis yang berpengalaman sejak di bangku SMA.

Puncak popularitas Girugamesh di tahun 2007 melalui sebuah. Album berjudul "Reason of Crying." ini mendapat sambutan yang sangat baik dari para fans, terutama mereka dari penggemar musik rock Eropa. Sejak saat itulah grup band Girugamesh kerap diundang untuk mengisi berbagai konser rock di dunia.

6. Dir En Grey
Band jepang terbaik Dir En Grey
Dir En Grey
Dir En Grey Dibentuk pada tahun 1997, popularitas Dir En Grey sebagai sebuah band rock Jepang masih tetap bertahan hingga sekarang, seperti halnya Slank di Indonesia. Grup ini dipuja banyak orang karena talah melakukan banyak tur ke berbagai negara, termasuk berpijak Amerika Serikat dengan sebuah konser seluruh lagunya menggunakan bahasa jepang
Dir En Grey yang memiliki anggota lima orang personil ini dipimpin oleh seorang vokalis "Kyo" namanya. Hingga sekarang Dir En Grey telah merilis delapan studio album, di antaranya berjudul Uroboros, Kisou dan Gauze.

5. One Ok Rock
Band Jepang One Ok Rock
One Ok Rock
Grup musik One Ok Rock dibentuk pada tahun 2005. Polpularitas band ini tidak begitu melejit jika dibandingkan dengan grup musik lain dalam daftar 10 Band Rock Jepang Terbaik. Padahal, One Ok Rock memiliki kualitas yang sangat hebat dan kharismatik.  Sekarang mereka memiliki anggota lima orang personil. Toru Yamashita yang per tanahun 2014 masih berstatus sebagai siswa SMA yang tak lain adalah pendiri dari band ini. Toru yang memegang kendali sebagai gitaris telah dipercaya sebagai ketua One Ok Rock.

4. The Gazette
Band Jepang Terbaik The Gazette
The Gazette
The Gazette merupakan band yang beranggotakan lima orang personil, sampai sekarang merekamasih menjadi salah satu band rock Jepang yang terbaik. The Gazette didirikan pada tahun 2002 dan telah merilis berbagai lagu yang populer di tangga lagu rock Jepang. Meskipun sangat sulit mencapai popularitas di awal, Gazette saat ini menjadi salah satu grup rock terpopuler dalam sejarah J-Pop.

3. X Japan
Band Jepang terbaik X Japan
X Japan
X Japan adalah yang paling senior dari seluruh 10 Band Rock Jepang Terbaik ini. Grup band X Japan telah didirikan sejak tahun 1982 dan kemudian bubar pada tahun 1997. Setelah sempat mengalami hiatus, X Japan kembali hadir di industri musik J-Pop pada tahun 2007 dan hingga sekarang masih sering membuat berbagai macam album dan singel.
Band yang menyaingi popularitas berbagai grup musik rock dari negara-negara Barat ini dan juga mempunya jutaan fans dari berbagai penjuru dunia. Tak sampai disitu, kualitas musik band X-Japan juga dianggap semakin keren dari waktu ke waktu.

2. Scandal
Band Jepang terbaik Scandal
Scandal
Dari semua band rock Jepang di daftar 10 Band Rock Jepang Terbaik, Scandal merupakan satu-satunya yang seluruh personilnya adalah wanita, mereka adalah Haruna Ono, Mami Sasazaki, Tomomi Ogawa, dan Rina Suzuki yang juga handal memainkan alat musik disamping parasnya yang cantik. Band ini didirikan pada tahun 2006 dan lagunya telah menjadi soundtrack berbagai anime terlaris di Jepang, Anime Bleach adalah salah satunya. Tak heran, grup ini pun kemudian memiliki fanbase yang tersebar di berbagai negara berkat perantara anime ini.

1. L'Arc-en-Ciel
Band Jepang terbaik L'Arc-en-Ciel
L'Arc-en-Ciel
L'Arc-en-Ciel didirikan pada tahun 1991 di Osaka. Grup band ini mencapai puncak popularitasannya di tahun 1998 saat singelnya yang berjudul "Winter Falls" dapat mendapat posisi pertama dalam tangga lagu Oricon. Popularitas L'Arc-en-Ciel di industri hiburan internasional sudah tidak lagi diragukan sejak saat itu. Walaupun Sempat mengalami hiatus dari tahun 2001 hingga 2003, L'Arc-en-Ciel kembali hadir di dunia musik pada tahun 2004 dengan melakukan konser ke berbagai kota di Amerika Serikat. Konser ini sangat mendongkrak ketenaran mereka, hal ini membuat L'Arc-en-Ciel menjadi salah satu band rock Jepang terbaik pada dekade ini.