4 Fakta dan Mitos Sperma yang Belum Anda Ketahui

Garuda News – Sperma adalah cairan yang keluar dari penis pria saat ejakulasi. Sperma yang bertemu dengan sel telur merupakan cikal bakal janin. Namun banyak mitos yang lucu, kadang aneh, terkait sperma. Banyak yang menganggap bahwa sperma merupakan bahan ‘ajaib’ yang digunakan tidak sesuai dengan fungsi yang sebenarnya. Apa saja mitos aneh seputar sperma?
Gambar Sperma
1. Merokok mempengaruhi jumlah sperma : Merokok berhubungan dengan jumlah sperma yang rendah. Hal ini merupakan fakta yang perlu diwaspadai. Mekanisme pasti rokok mempengaruhi jumlah sperma masih belum diketahui dengan pasti, namun rokok jelas berhubungan dengan rendahnya jumlah sperma dan motilitas sperma. Jadi jika Anda sedang berusaha untuk memilliki anak, hentikan rokok Anda sekarang! Untuk memperbaiki kualitas sperma, rokok harus dihentikan dalam jangka panjang. Berhenti merokok tidak dapat dilakukan hanya sesaat. Jadi kunci untuk kesehatan sperma adalah menjaga  pola hidup Anda tetap sehat secara konsisten.

Beirkut fakta tentang sperma lainnya yang mungkin Anda belum tahu:

2. Konsumsi sperma dapat berguna untuk vitalitas : Walaupun sperma mengandung berbagai nutrient seperti protein dan glukosa. Namun tidak ada bukti yang mendukung kegunaan dari konsumsi sperma. Mitos ini tidak hanya aneh, namun juga berpotensi membahayakan kesehatan, khususnya jika sperma tidak bersih dan mengandung bakteri. Vitalitas pria bisa ditingkatkan dengan berpola hidup sehat, makan yang bergizi, menghindari rokok, alkohol, dan berolah raga.

3. Penggunaan lubrikan meningkatkan kemungkinan hamil : Penggunaan lubrikan justru dapat memperlambat pergerakan sperma. Sperma yang lebih lambat dapat menyebabkan penurunan kemungkinan membuahi sel telur. Terdapat pilihan lubrikan yang tidak memperlambat pergerakan sperma, jadi Anda harus berhati-hati dalam memilih jenis lubrikan, terlebih ketika Anda berusaha untuk memiliki momongan.

Bisakah sperma dijadikan bahan masker?  masker, sperma
Sperma dapat digunakan sebagai masker ?
 4. Sperma dapat digunakan sebagai masker : Sperma mengandung berbagai zat seperti protein dan glukosa. Namun apakah ada gunanya menggunakan sperma sebagai masker? Jawabannya adalah tidak. Sperma tidak memiliki kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan kulit. Belum ada penelitian yang mendukung penggunaan sperma sebagai masker wajah. Malah jika sperma digunakan, bisa saja kulit wajah menjadi teriritasi, kemerahan dan mengelupas.

Sumber : Klikdokter.com