Makanan Sehat Ibu Hamil Muda Hingga Kelahiran

makanan sehat ibu hamil
makanan sehat ibu hamil

Garuda NewsPola makan Ibu hamil agar sehat katanya harus makan 2 kali lebih banyak karena sedang mengandung. Sebenarnya mitos tersebut tidaklah benar, yang benar yaitu ibu hamil harus 2x lipat lebih banyak gizinya. Jangan Sampai Ibu hamil menjadi terlalu gemuk, bisa jadi susah menurunkan berat badan nantinya, karena dengan gemuk pun tidak akan mempengaruhi berat badan bayi setelah lahir.

Lalu, bagaimana agar asupan gizi ibu hamil tercukupi dengan baik? Makanan yang dimakan ibu hamil harus tepat kadar gizinya sesuai dengan tahap pertumbuhan janin. Setiap 3 bulan makanan dan gizi yang diperlukan wanita hamil akan berbeda.

Awal Kehamilan

kebanyakan, kehamilan baru diketahui pada umur 4 minggu. Saat janin masih berbentuk embrio dan besarnya kira-kira seperti sebiji semangka. Saat itu multi vitamin untuk ibu hamil yang baik harus mengandung minimal 400 mcg folic acid, berguna untuk mengurangi resiko terjadinya penyakit (tulang belakang tidak tertutup sempurna) pada bayi dan  mempersiapkan rahim (spina bifida). Selain multivitamin, folic acid juga terdapat pada wortel, brokoli, kembang kol, kol, kacang kedelai, jeruk, jagung, jambu biji, alpukat, dan sereal.

Trimester Kedua

Telur merupakan Makanan yang bergizi untuk ibu hamil karena kuningnya mengandung kolin, berperan penting dalam perkembangan otak pada janin. Alternatif telur yaitu sumber makanan lain yang mengandung choline seperti kacang kedelai, daging sapi dan susu.

Alpukat baik untuk wanita sedang mengandung pada trimester dua, karena mengandung serat, vitamin K, C, B6, asam folat, kalium dan lemak tak jenuh yang sehat. Selain itu alpukat juga dapat mencegah penyakit jantung, membantu pertumbuhan otak bayi agar cerdas, mengurangi morning sickness dan pertumbuhan jaringan.

Trimester Ketiga

Pepaya matang dibutuhkan untuk ibu hamil tua, karena mengandung Vit. C, serat, fotasium dan asam folat. hindari pepaya mentah. Selain itu untuk sumber protein dan lemah tak jenuh disarankan mengkonsimsi kacang-kacangan. Omega 3 dari lemak ikan juga sangat dibutuhkan ibu hamil untuk kesehatan otak pada janin.

Selain ditargetkan setiap trismester banyak juga makanan sehat untuk ibu hamil yang lainnya yaitu karbohidrat; misalnya : nasi, roti, kentang, oatmeal (havermouth), protein, misalnya : ayam, sapi, telur, tahu, tempe, susu; misalnya : susu, yogurt, keju. selain itu juga tak lupa sayuran dan buah-buahan.