Gerinda Gugat Karier Ahok Ke Mahkamah Konstitusi (MK)

Gerinda Gugat Ahok Ke Mahkamah Konstitusi
Surat pengajuan gugatan Pemda partai gerinda ke MK pada ahok

Garuda News Setelah Pernyataan Ahok untuk  memilih keluar dari keanggotaan partai Gerindra, karena rencana Koalisi Merah Putih  dan bersama Gerindra agar ingin kepala daerah dipilih secara langsung lewat DPRD.  Langkah Partai Gerindra selanjutnya yang ingin menghentikan karier Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok di pemerintahan di DKI Jakarta karena dinilai sebagai bentuk kekalutan Gerindra. Gerindra dianggap sakit hati atas pengunduran diri Ahok sebagai kader partai bentukan Prabowo Subianto itu.

Menurut Ari Fungsi parpol dalam pilkada itu sebagai penjual tiket masuk dalam arena pilkada, tapi penentu selanjutnya tetap rakyat yang memilih, Gerindra seharusnya menyadari bahwa Ahok bukan dipilih Gerindra, melainkan oleh rakyat. Gerindra, kata Ari, hanya sebagai pintu bagi Ahok untuk bertarung dalam Pilgub DKI Jakarta pada 2012.
"Sikap Ini menunjukkan jika Gerindra kalut sejak mundurnya Ahok dari Partai Gerindra," Kata pengamat politik dari Universitas Gadjah Mada, Ari Sudjito,pada hari Kamis (18/9/2014). 

Sebelumnya, DPP Partai Gerindra akan mendaftarkan pengajuan uji materi UU Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah di Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta, Kamis. Gerinda akan Gugat Ahok ke MK Namun, rencana itu ditunda. Partai Gerindra akan mengajukan gugatan jika nanti Plikada RUU Pemda sampai disahkan.

Gerindra ingin agar ada aturan bahwa kepala daerah bisa diberhentikan jika parpol pengusung kepala daerah tersebut mencabut rekomendasi dukungan. Pihaknya ingin pemberhentian bisa dilakukan meski tidak semua parpol pengusung mencabut rekomendasi.