Alasan Megawati di Tunjuk Lagi Jadi Ketua Umum PDIP

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri 

Garuda News – Putri dari Megawati Puan Maharani mengatakan PDI Perjuangan masih membutuhkan kepemimpinan sosok ibu Megawati Soekarnoputri. Ketua Panitia Pelaksana Rakernas IV  Puan menilai Megawati sebagai sosok pemimpin yang berkarakter ideologis, konsisten, dan memiliki komitmen kuat dalam memimpin partai.

"Demi mengawal dan mengarahkan ideologi partai dalam pemerintahan," Ujar Puan Maharani, dalam acara penutupan, di Semarang, Sabtu (20/9/2014) malam. Puan Maharani yang juga membantah bahwa Rakernas IV ini merupakan juga bagian dari kongres karena mengukuhkan rekomendasi Megawati agar menjadi Ketua Umum PDIP lagi.

"Tidak ada itu semi atau setengah atau tiga perempat kongres. Tetapi memang dalam pandangan 33 DPD yang disampaikan tadi pagi itu dengan diwakili ketua DPD Jateng bahwa menginginkan Ibu Mega maju sebagai ketum pada kongres yang akan datang (April 2015). Itu diminta agar dimasukan menjadi salah satu agenda kongres yang akan datang," ujar Puan.

Puan pun menegaskan bahwa meskipun kader menghendaki Megawati kembali menjadi Ketua Umum PDIP namun dirinya mengklaim bahwa PDIP telah mengasilkan banyak regenerasi yang hebat salah satunya adalah Joko Widodo yang diusulkan Megawati menjadi Presiden dan akhirnya terpilih pada Pilpres 2014. (Baca : Nama Calon Mentri di Kabinet Jokowi-JK)

"Jadi kaderisasi dan regenerasi tentu saja buat kami itu hal utama yang dilakukan dalam konsolidasi 10 tahunan ini. Kaitannya dengan ketum, masih ada sosok Ibu Mega yang menjadi perekat dan pemersatu di kami dan semua itu diputuskan sesuai mekanisme internal yang berlaku di PDIP," kata Puan. "Saya yakin bahwa nanti dalam kongres yang akan datang bagaimana menuju jembatan emas 2019 memang bisa terjaga dengan adanya Bu Mega menjadi ketum," Ujar Puan.