Ahok Mengajukan Surat Pengunduran Diri dari Gerinda

Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnamaatau
Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama

Garuda News – Basuki Tjahaja Purnama atau yang biasa di sapa "Ahok" yang Wakil Gubernur DKI Jakarta  dirinya telah mengajukan surat pengunduran dirinya dari Partai Gerindra, Rabu (10/9/2014), Beberapa minggu sebelum dirinya diangkat menjadi Gubernur DKI Jakarta.
Dengan mundurnya Ahok, saat ini baik dari pihak partai PDI Perjuangan maupun Gerinda sebagai pengusung dari pasangan Jokowi-Ahok pada Pilkada DKI Jakarta 2012, kedua partai ini sama-sama tidak memiliki kader di kepemimpinan DKI. Pada beberapa pekan terakhir, terjadi perdebatan yang melibatkan dua partai, yakni antara PDI Perjuangan dan Gerindra seputar siapa yang lebih berhak menempatkan kadernya untuk mendampingi Ahok.

Menurut dari pihak partai PDI-P, Parati PDI-P berhak mendapatkan DKI 2, karena posisi DKI-1 telah di alihkan oleh Ahok yang merupakan kader Gerindra. tetapi pihak Gerindra menilai posisi wagub harusnya tetap menjadi milik Gerindra, karena naiknya Ahok merupakan konsekuensi dari penerapan undang-undang terkait mundurnya Gubernur Joko Widodo.

Bagaimana kelanjutan perdebatan tersebut?

"Boy Bernard Sadikin ketua DPD PDI-P DKI mengatakan tidak mau berandai-andai mengenai partai akan dipilih oleh Ahok. Karena itu, ia belum bisa memastikan siapa yang nantinya lebih pantas untuk menggantikan posisi wagub setelah Ahok dari Gerindra.

"Sementara itu Sekjen PDI-P Cahyo Kumolo mengatakan "Ahok" sudah kami anggap seperti saudara di partai PDI-P jadi  Kalau (Ahok) mau ke PDI-P silakan, kami kan partai terbuka. Jadi kami siap-siap aja seluruh kader partai siap terbuka jika pak Ahok ingin bergabung di partai PDI-P.di Gedung DPRD DKI, Rabu (10/9/2014).

Sementara itu, Ketua DPD Gerindra DKI Muhammad Taufik mengatakan bahwa sikap partainya masih seperti semula. Posisi wagub harus diisi orang Gerindra, tak peduli jika nantinya Ahok memilih partai lain selain PDI-P.  "Sesuai kesepakatan tahun 2012, Gerindra menempati posisi wagub. Jadi ya itu yang dijadikan patokan kita. Jangan diubah-ubah lagi," ujar Taufik.