Alasan Kenapa Internet Lambat dan Cara Mengatasi

Hasil tes kecepatan internet


Internet telah menjadi kebutuhan kita setiap hari, disamping kebutuhan skunder lainnya. Namun banyak orang disekitar kita mengeluhkan perihal penyebab internet lambat. Di Indonesia internet lambat memang sudah menjadi tradisi umum. Tapi taukah anda, bahwa internet lambat mempunyai penyebab yang berbagai macam dan beberapa diantaranya dapat kita cegah dan kita atasi.

Ilustrasi pengguna internet tablet

Penyebab internet lambat karena provider

Sudah menjadi hal biasa provider di Indonesia mematok harga yang terkait di awan tinggi, namun pelayanannya kurang maksimal. Mungkin target pemasaran mereka adalah user dengan tingkat ekonomi menengah ke atas. Padahal Mayoritas ekonomi penduduk di Indonesia adalah menengah kebawah, jadi misal provider mematok harga IDR 50K adalah paket internet bulanan paling murah. maka user akan menggunakan paket IDR 50K/bulan tersebut.

Memang masih ada beberapa provider internet yang harganya murah, namun semakin berkembangnya user suatu provider membuat pelayanan yang diminati masyarakat semakin menurun. Menurut saya semakin banyak user, harusnya suatu provider akan semakin maju dan mudah mengembangkan pelayanan terhadap pengguna internet.

Penyebab internet lambat karena provider diantaranya;
  1. Karena Sinyal lemah, bisa dikarenakan karena lokasi anda jauh dari BTS sehingga sinyal sulit menjangkau atau bisa dikatakan terpencil.
  2. Pembatasan kecepatan dari pihak provider karena alasan quota atau FUP (batas pemakaian wajar) dan lain sebagainya.
  3. Jaringan sibuk hingga overload karena terlalu banyak user, namun operator tidak menambah daya tampungnya.
  4. Manajemen dan keamanan yang buruk sehingga sering trouble dan mudah dijebol keamanannya oleh phreaker SSH dan direct, menyebabkan user berbayar mengalami penurunan kualitas bandwith karena sebagian besar bandwith telah dimakan oleh user ilegal yang bahkan tidak mimiliki kontrol batas kecepatan dari provider. Sehingga kecepatan User legal menurun dan kecepatan user ilegal naik.

Penyebab internet lambat karena hardware

Tidak usah ditanyakan lagi jika perangkat smartphone, hanphone atau modem kita masih menggunakan GPRS atau EDGE misalnya. Kecepatan dari EDGE jika digunakan untuk download maksimal hanyalah 24KB/s. Tetapi jika sudah 3G atau HSDPA dan Evdo (jika di CDMA) maka dapat membawa bandwith 921,6KB/s untuk modem 7.2mbps, sedangkan modem 3.1mbps akan mampu membawa bandwith maksimal 460,8KB/s.

Namun perlu diingat lagi, bahwa provider internet Indonesia belum ada yang mencapai batas kecepatan maksimum modem, jadi jangan heran jika secanggih apapun modem anda namun kecepatannya sama hanya 40-80KB/s saja. hal itu dikarenakan kecepatan dari provider tidak melebihi batas kecepatan modem.

Penyebab internet lambat karena software

Software adalah program buatan programer, terserah developer mereka akan membuat program dengan algoritma seperti apa, namun banyak dari mereka programnya menggunakanakses internet yang tidak terlalu diperlukan user. sehingga mengganggu kinerja internet yang sedang digunakan untuk kebutuhan yang lebih penting.

Penyebab internet lambat karena Aplikasi dan OS diantaranya adalah Update OS (Operating system), OS seringkali melakukan update jika auto update tidak dimatikan, seperti halnya di perangkat komputer Windows atau smartphone Android.

Game dan Aplikasi, ada beberapa game dan aplikasi yang memakan bandwith terlalu besar untuk alasan update atau download page yang terlalu besar misalnya Google play store, pernah saya download aplikasi hanya 2MB di sana, namun download pagenya hingga 1,5MB, jadi banyak bandwith yang terbuang, sebaiknya setelah selesai paksa berhenti (force stop) program tersebut.

Jika tidak perlu update maka matikanlah auto update pada aplikasi. jika tidak tersedia fitur disable auto update, sebaiknya hentikan paksa proses atau uninstal program tersebut agar tidak semakin banyak memakan bandwith dan mengganggu kinerja internet untu kebutuhan lain yang mungkin lebih penting.