Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan

Manfaat Teh Hijau
Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan

Garuda News - Sejak beberapa abad yang lalu nenek moyang kita telah menggunakan teh hijau untuk kesehatan kulit, kecantikan dan pencernaan. Beberapa peneliti dunia dan nasional dari ITB dan IPB juga sudah mendapatkan hasil mengenai khasiat teh hijau tersebut. Berikut ini adalah beberapa manfaat teh hijau untuk tubuh kita

Manfaat Teh Hijau Untuk Kecantikan

Facial Scrub
Untuk melembutkan dan menghaluskan wajah, Anda dapat menggunakan teh hijau sebagai facial scrub. Cara yaitu dengan mencampurkan 1 sendok teh cornmeal dengan teh chamomile, lalu gunakan sebagai scrub dan usapkan ke permukaan wajah. tunggu sekitar setengah jam agar meresap, lalu bilas dengan air. Cara ini cukup ampuh namun kurang cocok untuk kulit yang sensitif.

Menghilangkan "Mata Panda"
Mata panda atau kantung mata membesar, dapat diatasi perlahan secara rutin dengan teh hijau. Cara penyajiannya yaitu dengan menyeduh teh hijau murni dengan air panas selama 10 menit, lalu sisihkan dan simpan ke dalam kulkas. Cara pemakaiannya yaitu hanya dengan menempelkan kapas yang sudah dicelupkan kedalam teh hijau dingin tersebut pada kantung mata. sebagai alternatif juga bisa gunakan bekas teh celup yang baru saja digunakan, jangan lupa dinginkan terlebih dahulu ya.

Mengobati Jerawat dan Kulit Berminyak
Anda dapat menggunakan teh hijau untuk mengatasi jerawat dan kulit berminyak. Untuk kulit berminyak Caranya adalah dengan membekukan tehhijau, lalu setelah beku dan menjadi padat, bisa diusapkan merata pada wajah sampai mencair lalu mengering. Untuk mengatasi jerawat caranya seperti pada bagian "menghilangkan mata panda, namun ini sedikit ditambahkan putih telur"

Manfaat teh hijau untuk Pencernaan

Mengatasi Bau Mulut
Secara alami mengandung anti bakteri, tah hijau dapat membunuh bakteri hidup di dalam mulut yang menyebabkan bau mulut. Cukup hanya dengan minum teh hijau, bau mulut secara normal akan teratasi, sesekali boleh digunakan berkumur. Agar maksimal gunakan 1 teh hijau celupuntuk 1 cangkir dan lakukan dalam beberapa hari

Manfaat teh hijau untuk Kesehatan kulit

Melindungi Kulit dari Sinar Matahari
Kompres dengan ampas teh, dengan cara dibalut dengan kain tipis agar meresap, atau boleh juga bekas minuman teh celup yang masih baru. Cara menggunakannya yaitu dengan mengoleskan kompresan ampas teh tersebut pada kulit yang rawan terkena sinar matahari, tunggu sampai mengering agar meresap, lalu bilas. Agar kulit tetap sehat dan lembab, gunakan setengah jam sebelum beraktifitas.

Memang sudah banyak diproduksi produk untuk menjawab keluhan yang dituliskan diatas, tapi di Indonesia mudah didapat bahan olahan untuk kecantikan, obat dan kesehatan. Jadi apa salahnya jika kita memanfaatkan alam sekitar kita.