Langkah Awal Program Jokowi membangun Tol Laut

Jokowi-JK
Semarang, Garuda News - Presiden terpilih 2014-2019 Jokowi-JK menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding / MoU) pembangunan dermaga baru untuk distribusi barang di kawasan Marunda, Jakarta Utara, dengan Kementerian Perhubungan.

Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pembangunan dermaga tersebut merupakan langkah awal dalam membangun program maritim yang menjadi visi dan misinya sebagai presiden terpilih. Menurut Jokowi, program pembangunan dermaga tersebut sejalan dengan ide tol laut yang menjadi program unggulannya.

"Yang namanya perbaikan di negara maritim itu perlu segera dilaksanakan. Ini sejalan kok (dengan program tol laut)," ucap Jokowi usai menandatangani MoU di Gedung Balaikota DKI Jakarta, Kamis (14/8/2014).

Jokowi juga mengungkapkan, dengan pembangunan tol laut ia yakin dapat memperbaiki manajemen logistik nasional. Jika program ini sudah berjalan, diharapkan dapat menekan tingginya harga di beberapa daerah. Terkait pembangunan Dermaga Marunda,  Gubernur DKI  ini mengatakan dermaga tersebut dapat mempersingkat distribusi barang. Ia mencontohkan seperti distribusi barang dari Medan ke Jakarta atau sebaliknya.

‎Sementara Direktur Utama KBN Sattar Taba mengungkapkan, pembangunan dermaga akan dimulai tahun ini usai penandatanganan MoU. Ditargetkan pembangunan selesai pada pertengahan 2015. 

"Target selesainya pada pertengahan 2015. Habis ini kita bangun di Banyuwangi sembari kita siapkan kapal kecil untuk melanjutkan distribusi dari dermaga itu ke daerah lainnya," ucap Sattar. (Mut)