ISIS Ancam Hancurkan Candi Borobudur

ISIS Ancama Candi Borobudur
ISIS Ancam Hancurkan Candi Borobudur

Garuda News.com, - Setelah marak beredar nya video di sebuah situs youtube beberapa minggu lalu tentang oraganisi Islamic State Iraq and Syria (ISIS) yang mengencam kedaulatan Negara NKRI di Indonesia kini muncul ancaman penghancuran Candi Borobudur dari pendukung Islamic State Iraq and Syria (ISIS) di Indonesia beredar melalui media sosial Facebook  ancaman ini langsung ditanggapi tegas oleh Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Sunindyo. ia pun mengajak untuk seluruh komponen masyarakat untuk turut menjaga dan mengamankan situs candi Buddha terbesar di Asia Tenggara itu.

"Meskipun pengamanan itu menjadi tugas personel keamanan. teteapi selain itu, kita juga mengajak masyarakat setempat untuk ikut membantu menjaga dan mengamankan Candi Borobudur itu," kata Sunindyo sebelum menjadi pembicara dalam kuliah umum untuk mahasiswa baru di UNS Solo, Jawa Tengah, Rabu (20/8/2014).

Kemudian Mayjen TNI Sunindyo pun mengungkapkan bahwa ancaman tersebut harus dicegah supaya jangan sampai terjadi. Caranya dengan mengajak semua elemen masyarakat untuk ikut terlibat dalam menjaga keamanan Candi Borobudur itu. "Jika situs warisan dunia Candi Borobudur ini dihancurkan Wisata indonesia tidak ada muka (di dunia internasional)," Ujar Pangdam Diponegoro.

Meski muncul ancaman dari organisasi ISIS, pihaknya belum menambah kekuatan personel untuk menjaga candi tersebut. "Penjagaan tetap seperti biasa dilakukan oleh personel keamanan. Kita belum tambah personel," ucap Sunindyo. Untuk diketahui, ancaman itu muncul dari salah satu fans page atau halaman penggemar simpatisan ISIS di Indonesia di Facebook bernama 'We are Islamic State' yang berencana menghancurkan Candi Borobudur.