Beberapa Macam Energi Alternatif Masa Depan

Energi alternatif
 Semarang, Garuda News - Energi adalah sesuatu yang memang sangat dibutuhkan manusia, energi digunakan dalam berbagai macam hal, seperti salah satunya listrik. Penggunaan energi alternatif akan memberi perlindungan suatu bangsa pada kenaikan harga bahan bakar fosil, serta mengurangi ketergantungan pada negara pasokan minyak. Untuk pembangkit listrik tenaga surya, angin, panas bumi dan lain sebagainya tentu anda sudah sering mendengar. Tapi yang kami rangkum dibawah tentunya belum terlalu familiar di kalangan masyarakat.

1. Energi Piezoelektrik
Salah satu sistem yang dapat mengubah gaya mekanik ialah Piezoelektrik, dengan cara mengubah gaya tekanan menjadi energi listrik. Piezoelektrik ini biasanya digunakan untuk menghasilkan listrik di tempat-tempat umum seperti digunakan pada stasiun di Jepang dan terminal Bus Toky. Piezoelektrik ini mengunakan gaya tekanan yang dihasilkan oleh manusia itu sendiri yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik di tempat tertentu. Tapi penggunaan energi piezoelektrik belum banyak diterapkan di dunia dan masih dalam tahap pengembangan.

2. Energi Biogas dari Sampah Organik
Mengubah biomassa menjadi biogas dapat dimanfaatkan untuk pembangkit misalnya. Caranya  sampah diolah dengan alat yang bernama albakos. Sampah-sampah organik yang telah dikumpulkan, dimasukkan ke dalam jelaga albakos yang dibawahnya dibakar menggunakan arang. Sampah sebagai energi alternatif  ini merupakan solusi energi masa depan, karena jumlah sampag yang selalu bertambah, maka ia akan semakin mudah didapat.

3. Energi Ethanol
Energi ini merupakan bahan bakar yang berbasis alkohol dari fermentasi tanaman. Ethanol dapat dicampur dengan BBM lainnya seperti bensin untuk menambah kadar oktan dan kualitas emisi. Namun, ethanol kurang efektif untuk saat ini karena memiliki dampak negatif terhadap harga pangan dan ketersediannya.

4. Nuklir
Penggunaan nuklir sebagai sumber pasokan energi telah banyak diaplikasikan di negara-negara maju. Negara seperti Prancis, Jepang dan Amerika telah mampu memanfaatkan energi ini untuk kebutuhan listrik nasional mereka dengan proporsi masing-masing sebesar 77,68 persen, 27 persen dan 19,86 persen. Seperti dikutip dari NetSains, Secara umum, energi nuklir dapat dihasilkan melalui dua macam mekanisme, yaitu pembelahan inti atau reaksi fisi dan penggabungan beberapa inti melalui reaksi fusi. Di sini akan dibahas salah satu mekanisme produksi energi nuklir, yaitu reaksi fisi nuklir.

5. Pasang Surut Air Laut
Pasang surut dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan Energi listrik, dan energi termal laut dari panas yang tersimpan dalam air laut dapat juga diubah menjadi listrik. Penggunaan alternatif energi ini haruslah dekat dengan laut, Pembangunannya juga memerlukan biaya yang tidak sedikit. Setidaknya bisa dijadikan energi alternatif untuk masa yang akan datang.

Karena bumi yang semakin sedikit menghasilkan energi minyak, gas dan lain sebagainya yang biasa kita manfaatkan semakin menipis, maka kita harus selalu menghemat untuk mencegah dan memanfaatkan energi alternatif untuk mengobati bumi kita. Ayo selamatkan bumi kita.